Selain Tebak Usia, How-old.net Bisa Deteksi Hantu?

Selain Tebak Usia, How-old.net Bisa Deteksi Hantu?
Tampilan situs How-old.net
Microsoft menciptakan situs how-old.net untuk memamerkan betapa Bing Image Search miliknya semakin pintar dan mampu menjadi mesin yang belajar sendiri. Malahan saking 'pintarnya' How.old.net bisa mendeteksi wajah selain manusia.Hii..

Seperti diketahui, How-old.net, merupakan layanan untuk menebak umur seseorang dengan selembar foto. Baik di versi desktop ataupun aplikasi mobile, situs ini akan mendeteksi wajah seseorang yang ada di dalam foto dan kemudian menebak usianya.

Nah, hal ini juga yang membuat salah seorang pengguna aplikasi how-old.net menjajal melalui perangkatnya. Wanita tersebut mengunggah foto dirinya dengan pose sendiri dan latar belakang pepohonan.

Idealnya, how-old.net akan menebak jenis kelamin dan usia dari si objek yang ada di dalam foto tersebu. Namun anehnya, di hasil result justru menampilkan dua tebakan usia yang berbeda.

Padahal, dia sedang berdiri sendiri dan di belakangnya tak ada satu pun orang atau wajah yang terekam. Sang empunya foto pun kaget dan mengumbarnya di akun Twitter.

Sebagai piranti lunak, mungkin saja how-old.net bisa mengakumulasi data dari objek yang kasat mata atau memang aplikasi ini tidak akurat dalam menebak mana wajah manusia atau bukan.

Namun sebelumnya, Eason, Senior Programer di Bing sangat membanggakan aplikasinya tersebut. Dia yang bekerja mengembangkan layanan ini menyebut kode di balik how-old.net hasil kolaborasi antara Bing dan Microsoft Research.

Di situs how-old.net, disebut Eason, bergantung pada 3 teknologi kunci, yaitu deteksi wajah, klasifikasi jenis kelamin dan deteksi usia. Deteksi wajah adalah dasar untuk dua lainnya.

Untuk deteksi usia dan deteksi jenis kelamin, mereka melakukan regresi dan klasifikasi masalah, di mana mesin mempelajarinya.

Dia mengatakan "Ini juga melibatkan representasi fitur wajah, mengumpulkan data pelatihan, membangun regresi / model klasifikasi dan optimasi Model."
Previous
Next Post »